Cegah Hama Tikus, Babinsa Karangjati Bersama Warga Pasang Rumah Burung Hantu di Persawahan.

 

NGAWI ,BUSERJATIM. COM GRUOP– Dalam rangka Upaya Khusus (Upsus) Program Ketahanan Pangan Nasional berbagai kegiatan dilakukan untuk mengawal produksi pertanian agar mengalami peningkatan panen dan swasembada pangan.

Upaya pendampingan selalu bersinergi dengan UPT Pertanaman Pangan melalui Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) aktif memberikan solusi dari ketersediaan Pupuk, Obat-obatan pertanian, penggunaan mesin pertanian serta pengolahan lahan hingga kualitas hasil panen. Kamis ( 4/4/2024 )

Seperti yang dilakukan Babinsa Karangjati Sertu Endro Maryono bersama para petani Desa Rejuno, Kec. Karangjati, Kabupaten Ngawi, melakukan pemasangan Pagupon (rumah burung) untuk sarang burung hantu predator pemangsa tikus di sawah, sehingga mengurangi gagal panen akibat hama tikus.

Menurut Sertu Endro Maryono, burung hantu ini merupakan cara yang efektif dan alami untuk melindungi tanaman padi dari serangan hama tikus sawah, karena tikus sawah menyerang tanaman padi saat malam hari.

Danramil 0805/05 Karangjati Kapten Inf Jefrey membenarkan adanya kegiatan Babinsa Jajarannya tersebut. “Kondisi tanaman saat ini di wilayah Kec. Karangjati memang masa-masa subur dan pasca tanam sehingga perlu tindakan antisipatif dari berbagai hama yang mengancam termasuk tikus dan Hama lainnya, untuk itu petani secara sukarela diajak untuk memasang pagupon dan mengembang biakkan burung hantu tersebut.” Terangnya.

Upaya yang sehat dan alami dalam menangani hama tikus ini patut di kembangkan, masyarakat dihimbau untuk tidak memburu burung hantu tersebut karena berpotensi mampu menjaga tanaman padi dari serangan hama tikus sawah, justru mari kita jaga bersama dan dikembang biakkan,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *