Jadi Ajang Dalam Berdakwah, CISSA-HKSukses Gelar Kegiatan Semarak Ramadan

Kota Cirebon – CISSA-HK atau Asosiasi Santri Husnul Khotimah Asal Cirebon tahun ini kembali menggelar kegiatan “Semarak Ramadan”, dan kali ini menjadi kali ke-13 kegiatan tersebut diadakan. Kegiatan ini digelar selama 3 hari, mulai tanggal 1 hingga 3 April 2024, yang terbagi menjadi 3 bentuk kegiatan yaitu pesantren kilat, IOTR (Ifthar On The Road), dan juga bakti sosial.

Dengan mengangkat tema “Bentangkan Layar, Siap Arungi Deru Perubahan”, Semarak Ramadan ini menjadi ajang bagi para santri untuk berdakwah dan berbagi kepada sesama. “Kami mengadakan kegiatan ini dengan tujuan menanamkan nilai-nilai islami khususnya pada kalangan remaja. Melalui berbagai kegiatan positif yang bermuatan pendidikan akhlak dan moral, diharapkan dapat menciptakan perubahan yang lebih baik bagi remaja masa kini. Kegiatan ini juga menjadi sarana bagi kami khususnya dalam berdakwah dan berbagi kebahagiaan bagi sesama”. tutur Muhammad Azzam Khalifaturrahman selaku ketua pelaksana pada kegiatan tersebut.

Kegiatan pesantren kilat pada Semarak Ramadan kali ini bekerjasama dengan pihak SMPN 5 Kota Cirebon. Pesantren kilat yang digelarselama 2 hari tersebut, yaitu pada tanggal 1 hingga tanggal 2 April 2024 diikuti oleh 1.067 siswa. Pada kegiatan ini para santri putra berperan bukan sebagai peserta, melainkan sebagai panitia. Berbagai kegiatan seperti seminar, perlombaan, dan mentoring diadakan untuk memeriahkan acara tersebut. Zharfan Faikar selaku koordinator acara pesantren kilat tersebut menuturkan.

“Kegiatan pesantren kilat Semarak Ramadan ini kami isi dengan berbagai kegiatan seperti mentoring, fun games, berbagai perlombaan seperti lomba MTQ, lomba adzan, lomba cerdas cermat umum, dan lomba ranking satu. Selain itu kami juga mengadakan training motivation dan seminar organisasi sebagai bekal bagi para siswa di masa mendatang.”.

Pesantren kilat ini mendapat respon antusias dari para siswa, serta mendapat komentar positif dari beberapa siswa dan guru. “Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar, para siswa juga antusias mengikuti serangkaian agendanya. Dekorasinya bagus, MC nya juga asik, rangkaian acara nya seru, terutama seminar organisasi, dan buka bersama.

Kepala Sekolah SMPN 5 Kota Cirebon, Hj. Yulia Viatikara, M. Pd. Mengaku senang dengan digelarnya acara ini “Alhamdulillah, pada hari ini diadakan pesantren kilat di SMPN 5 Kota Cirebon. Saya ucapkan rasa syukurdan terima kasih kepada santri putra yang telah bekerja sama dengan kami dalam mengadakan kegiatan ini.”

Tak hanya mengadakan pesantren kilat di SMPN 5 Kota Cirebon, Semarak Ramadan juga mengadakan kegiatan IOTR (Ifthar On The Road), yang dilaksanakan oleh santri putri pondok pesantren husnul khotimah. Bertempat di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, tepatnya pada hari Senin, 01 April 2024 pukul 5 sore. Kegiatan ini menjadi sarana bagi para santri dalam berbagi kepada sesama, serta ikhtiar dalam menggapai keberkahan dibulan Ramadan ini. “Alhamdulillah kegiatan IOTR ini sukses membagikan 200 paket ifthar kepada masyarakat sekitar Jalan Wahidin. Puji syukur kami mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi dari masyarakat.” ujar Mezzaluna selaku panitia pelaksana.

Masyarakat merespon positif terhadap adanya kegiatan ini, karena kegiatan seperti ini kerap dianggap sebagai penolong bagi pengendara yang terpaksa berbuka puasa di jalan. “Alhamdulillah, pembagian takjil seperti ini menjadi penolong buat saya yang sering berbuka puasa di jalan. Terutama juga untuk para ojek dan supir” ungkap salah satu pemotor.

Selain itu, para santri putri ini juga menggelar kegiatan bakti sosial yang bertempat di Yayasan Rumah Yatim dan Dhuafa Ashabul Kahfi Kota Cirebon, pada hari Rabu, 03 April 2024.

Tak hanya memberikan santunan, berbagai kegiatan seperti mentoring, halaqoh bersama, quiz berhadiah, fun games dan buka bersama diadakan untuk anak-anak panti asuhan. Ekspresi gembira dan antusias terlihat dari wajah anak-anak tersebut.

“Harapan kami dengan diadakannya kegiatan ini dapat turut menebar sukacita dan kebahagiaan di bulan penuh berkah ini. Semoga kegiatan inidapat menginspirasi dan memotivasi khalayak dalam menebar rasa syukur, kepedulian, dan kebaikan terhadap sesama.” ucap Mariya Fathin selaku ketua pelaksana kegiatan IOTR dan Bakti Sosial.

Melalui rangkaian kegiatan diatas kita dapat mengambil hikmah bahwasannya dakwah tidak hanya dilakukan di atas mimbar-mimbar melainkan dapat dilaksanakan melalui berbagai kegiatan sederhana. **(Tim_red)**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *