Pekon Banjarejo Salurkan Bantuan Beras CBP Tahap lV

 

PRINGSEWU,BUSERJATIM.COM GROUP- Kepala Pekon Banjarejo Kecamatan Banyumas kabupaten Pringsewu Herman mengatakan, pendistribusian bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Tahap IV Tahun 2024 di Pekon Banjarejo sudah disalurkan kepada penerima manfaat. Penyaluran berlangsung di Aula Balai Pekon setempat, Senin (13/5/24).

Bantuan Pangan Beras adalah program pemerintah berupa penyaluran beras yang bersumber dari stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola Bulog. Program ini merupakan salah satu pemanfaatan CBP sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah. Basis data penerima bantuan pangan beras yang digunakan di 2024 adalah dari data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang dikelola oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Herman menjelaskan, untuk Pekon Banjarejo mendapatkan alokasi bantuan sebanyak 371 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan setiap KPM penerima manfaat mendapatkan beras sebanyak 10 Kg.

” Bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) merupakan upaya pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan masyarakat dibawah garis kemiskinan, dan merupakan upaya pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat terhadap kebutuhan pokok dasar. Badan Pangan Nasional (BAPANAS) melalui Perum Bulog menyalurkan bantuan berupa 10 kilogram beras untuk setiap penerima manfaat yang dimulai dari Januari hingga juni 2024, “pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *